FansPage

Menghitung Luas dan Keliling bangun datar dengan Java NetBeans

Menghitung Luas dan Keliling bangun datar dengan Java NetBeans

Postingan dari yudana blog kali ini yaitu membahas mengenai pembuatan suatu program untuk menghitung luas dan keliling bangun datar seperti lingkaran, segitiga, persegi panjang dan bujur sangkar. Pada program kali ini yaitu memanfaatkan class dan objek percabangan pada bahasa pemrograman java.


Berikut adalah source codenya:

Yang pertama yaitu kita harus membuat class yang berisi method dan atribut,

package lingkaran;
import java.util.Scanner;
class utama {
public void lingkaran()   
{
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        double phi = 3.14;
        double r, luas,keliling;
        System.out.println("\n--> lingkaran <--");
        System.out.print("Masukkan Panjang Jari-jari : ");
        r = input.nextDouble();
        System.out.println("=>");
        luas = phi * r * r;
        keliling = 2 * phi * r;
        System.out.print("Luas  = " + (int)luas + " \nKeliling  = "+ (int)keliling);
        System.out.println("");
        }
public void persegi()
 {
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        double s, luas,keliling;
        System.out.println("\n-->Persegi<--");
        System.out.print("Masukkan Panjang sisi : ");
        s = input.nextDouble();
        System.out.println("=>");
        luas = s * s;
        keliling = 4* s;
        System.out.print("Luas  = " + (int)luas + " \nKeliling = "+ (int)keliling);
        System.out.println("");
        }
    public void segitiga()
    {
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        double a , t, luas,keliling;
        System.out.println("\n-->Segitiga<--");
        System.out.print("Masukkan Panjang alas : ");
        a = input.nextDouble();
        System.out.print("Masukkan tinggi : ");
        t = input.nextDouble();
        System.out.println("=>");
        luas = 0.5 * a * t;
        keliling = 3 * t;
        System.out.print("Luas  = " + (int)luas + " \nKeliling = "+ (int)keliling);
        System.out.println("");
        }
public void ppanjang()
    {
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        double p , l, luas,keliling;
        System.out.println("\n-->Persegi Panjang<--");
        System.out.print("Masukkan Panjang : ");
        p = input.nextDouble();
        System.out.print("Masukkan lebar : ");
        l = input.nextDouble();
        System.out.println("=>");
        luas = p * l;
        keliling = 2*p + 2*l;
        System.out.print("Luas  = " + (int)luas + " \nKeliling  = "+ (int)keliling);
        System.out.println("");
        }
}


Setelah kita membuat class yang berisi metodh dan atribut sepeti di ata, kita buat objek pemanggilnya dengan memanfaatkan objek perulangan seprti source code berikut:


package lingkaran;
import java.util.Scanner;
public class pilihan{
public static void main (String [] args){
{
utama yudana = new utama ();
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        double a;
        System.out.println("Menghitung Luas dan Keliling Bangun Datar");
        System.out.println("1 => lingkaran \n2.=> persegi\n3.=> segitiga\n4.=> Persegi panjang\n");
        System.out.println("Masukan pilihan = ");
        a = input.nextDouble();
int masukan=0;    
if (a==1)
   yudana.lingkaran();
else if (a==2)
   yudana.persegi();
else if (a==3)
    yudana.segitiga();
else if (a==4)
    yudana.ppanjang();
else 
    System.out.println("pilihan salah");
}}}



dengan menggunakan objek percabangan tersebut kita dapat memilih hendak melakukan perhitungan pada bangun apa karena disediakan pilihanya seperti hasil berikut,


kemudian kita masukan pilihan kita.........


apabila pilihan yang kita masukan tidak terdapat pada pilihan maka proses akan berakhir seperti berikut....


demikian sedikit pengetahuan dari yudana blog semoga dapat bermanfaat.
sampai jumpa di postingan berikutnya, Salam Blogger.