FansPage

Perbedaan Hibernate dan Sleep

Perbedaan Hibernate dan Sleep

Setiap orang pasti pernah yang namanya melakukan Sleep mode atau Hebernate mode pada komputernya, setiap Sistem Operasi memiliki utilitas Power baik itu Shutdown, Restart, Sleep, dan lainnya. Pada  Windows terdapat dua  utilitas Power yang bisa dibilang fungsinya hampir sama yakni menginstirahatkan komputer yaitu Hibernate dan Sleep. Meskipun sama-sama mengistirahatkan komputer  keduanya pasti memiliki perbedaan, maka dari itulah dibuat dua utilitas yang berbeda ini. Lantas Apa perbedaan dari  utilitas Hibernate dan Sleep tersebut ?.

Hibernate



Secara sekilas utilitas hibernate ini hampir sama dengan Sleep, namun kita perhatikan bahwa pada saat hibernate dokumen dan aplikasi yang sedang berjalan disimpan di dalam RAM kemudian di dalam RAM ini akan dicata apa aktivitas terakhir yang dilakukan oleh komputer.. Itu semua memungkinkan komputer untuk mati sepenuhnya, dengan kata lain tidak menggunakan daya sama sekali.Pada saat komputer kita dalam mode Hibernate, ketika komputer dihidupkan kembali maka akan langsung melanjutkan aktivitas terakhir Anda namun membutuhkan proses booting normal.
Mode Hibernate ini juga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lumayan lama, sehingga ketika menghidupkan komputer kembali makan aktivitas terakhir yang tertunda dapat dilanjutkan kembali.

Sleep


Sleep merupakan keadaan dimana komputer tetap hidup namun menggunakan daya yang sangat rendah. Hampirmirip seperti kita sedang menonton film dan kita klik tombol Pause. Semua pekerjaan pada komputer dihentikan, dokumen dan aplikasi yang sedang terbuka disimpan dalam memori, sementara komputer dalam keadaan rendah daya. Secara teknis komputer masih tetap menyala, hanya saja dengan sedikit daya. Dengan begitu Anda bisa dengan cepat melanjutkan pekerjaan dengan normal. Sleep sangat berguna ketika Anda ingin beristirahat sejenak dalam waktu yang singkat.

Demikian penjelasan singkat mengenai perbedaan antara mode Sleep dan mode Hibernate.
semoga bermanfaat.